Rabu, 15 Oktober 2014

IDE Netbeans

saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam membuat project awal aplikasi java di Netbeans. Untuk code editor kita bisa menggunakan berbagai macam software antara lain, Netbeans IDE, Eclipse IDE, jCreator, dan masih banyak lagi.
Netbeans IDE sendiri saat ini sudah berada pada versi terbaru Netbeans IDE 8.0.1. Saya sendiri menggunakan Netbeans IDE versi 7.3.1. Untuk lebih jelasnya tentang versi dari Netbeans IDE bisa mengecek langsung ke websitenya di https://netbeans.org/.
Oke langsung aja, setelah instalasi JDK dan Netbeans IDE selesai, buka Netbeansnya.







Ini laha tampilan loading dari NetBeans, setelah loading selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :






Untuk membuat project baru, klik File > New Project…  seperti tampilan berikut :






 atau dengan menggunakan shortcut Ctrl+Shift+N.  Kemudian akan masuk ke wizard New Project







Pada bagian Categories, pilih kategori bahasa project yang ingin dibuat. Karena kita akan membuat project java, pilih Java, kemudian pada Projects, pilih Java Application. Klik Next >. selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut :






Kemudian akan masuk ke wizard New Java Application, isi Project Name sesuai dengan nama project yang dibuat, kemudian Project Location adalah lokasi penyimpanan project. Kemudian pada bagian checkbox Create Main Class, jika kita ingin membuat main classnya, cukup centang checkbox dan masukkan nama main classnya. Kemudian klik Finishselanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut :






Setelah project selesai dibuat, pada bagian tab Projects akan muncul nama project yang dibuat beserta isinya. Kemudian pada bagian Source Packages, terdapat package dan main class yang telah dibuat sebelumnya. (Jika pada saat membuat project tidak mencentang Create Main Class, package beserta main classnya tidak ada sehingga harus dibuat dulu).
Ketika kita buka main classnya, akan muncul source code default yang berisi nama package, nama class dan main methodnya.
Nah selanjutnya kita tinggal membuat coding sesuai dengan project yang dibuat. Contohnya saya akan menampilkan text Hello Java, maka di dalam main method tambahkan kode System.out.println("Hello Java"); seperti tampak pada gambar berikut:






Kemudian jalankan program dengan cara klik Run > Run Project (NamaProject) atau menggunakan shortcut F6. atau klik kanan seperti gambar berikut :






Hasilnya akan muncul pada tab Output seperti berikut ini:






Tri Makasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
/*SYNTAX HIGHLIGHTER*/