Senin, 05 November 2012

Makalah Microsoft office word


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang

Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah,  terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi Microsoft Office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Word.

B.           Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.             Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Word.
2.             Mengoperasikan fungsi menu-menu Microsotf Office Word
3.             Mengoperasikan perintah cetak pada Microsotf Office Word
4.             Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Word dalam kehidupan   sehari-hari.

C.            Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
5.             Memahami cara mengoperasikan
6.             Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada
7.             Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Microsoft Office

Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar  kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft office dan perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya, Sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas dari tahun pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipkan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office Sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.

B.    Perkembangan Microsoft Office

1.      Microsoft Office 3.0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. Pada versi ini hanya tersedia untuk OS Windows.
2.      Microsoft Office 4.0. Dirilis pada tahun 1994. Berisi Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail and Access.
3.      Microsoft Office 4.3. Seri ini merupakan seri dengan 16-bit yang terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung Windows 3.x, Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5
4.      Microsoft Office 95.Atau juga dikenal dengan versi 7.0. Versi ini menggunakan 32-bit agar cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Yang versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, PowerPoint 7.0 dan Schedule+7.0. Versi professional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan Access 7.0.
5.      Microsoft Office 97. (Office 8.0), Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
6.      Microsoft Office 2000. (Office 9.0) Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
7.      Microsoft Office XP. Bisa disebut sebagai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrade besar – besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur Safe Mode. Memungkinkan aplikasi contohnya Outlook untuk bisa booting ketika terjadi kesalahan. Safe mode memungkinkan Office untuk mendeteksi, membetulkan atau mem-bypass sumber dari permasalahan system, seperti registry yang corrupt. Lalu adanya fitur Smart Tag yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan. Tetapi pada Office ini Smart Tag hanya bisa dijalankan di Word dan Excel. Office XP juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, sebaik mungkin seperti penulisan tangan. Di versi ini ada product activation. Office XP mendukung Windows 98, ME, NT 4.0. Office XP juga dikenal sebagai yang pertama untuk versi Office yang bisa berjalan baik di OS Vista.
8.      Microsoft Office 2003. (Office 11.0). Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
9.      Microsoft Office 2007. (Office 12.0). Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
10.  Microsoft Office 2010. (Office 14.0). Untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor 13!


C.     Fungsi-Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2010

1.     Menu File, Sub Menu File

·         New : Membuka dockument baru yang masih kosong
·         Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
·         Close : Mrenutup dokumen
·         Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
·         Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
·         Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
·         Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
·         Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
·         Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
·         Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
·         Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
·         Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
·         Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
·         Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
·         Exit : menutup program Ms. word

2.     Menu Edit, Sub Menu Edit


·         Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
·         Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
·         Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·         Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·         Office Clipboard : Membuka isi clipboard
·         Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
·         Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
·         Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
·         Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
·         Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
·         Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
·         Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
·         Go To : Menuju ke halaman
·         Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
·         Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word

3.     Menu View, Sub Menu View


·         Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
·         Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·         Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·         Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·         Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
·         Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
·         Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·         Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
·         Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·         Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
·         Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
·         Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
·         Mark up : Menampilkan toollbar markup
·         Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·         Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4.     Menu Insert, Sub Menu Insert


·         Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
·         Page Numbers : Memberi nomor halaman
·         Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
·         Autotext : Menyisipkan kata
·         Field : Menyisipkan field
·         Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
·         Comment : Menyisipkan komentar
·         Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
·         Web Component : Menyisipkan komponen dari web
·         Picture : Menyisipkan gambar
·         Diagram : Menyisipkan diagram
·         Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
·         File : Menampilkan toollbar markup
·         Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
·         Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
·         Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)


5.     Menu Format, Sub Menu Format


·         Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
·         Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
·         Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
·         Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
·         Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
·         Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
·         Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
·         Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
·         Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
·         Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
·         Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
·         Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
·         Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
·         Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
·         Style and Formating : Mengubah style dan format
·         Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
·         Object : Memformat suatu objek

6.     Menu Tools, Sub Menu Tools


·         Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
·         paragraf dalam sebuah dokumen
·         Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
·         Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
·         Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
·         Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
·         Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·         Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
·         Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
·         Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
·         Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
·         Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
·         Template and add-ins : Mengatur tampilan template
·         AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
·         Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
·         Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

7.     Menu Table, Sub Menu Table


·         Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
·         Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
·         Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
·         Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
·         Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
·         Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
·         Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
·         Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
·         AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
·         Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
·         Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
·         Sort : Mengurutkan data atau teks
·         Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
·         Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
·         Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise

8.     Menu Window, Sub Menu Window


·         New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
·         Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
·         Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

9.     Menu Help, Sub Menu Help


·         Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
·         Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
·         Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
·         Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
·         Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
·         About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan



BAB III
PENUTUP

A.     Saran
Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu , saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. Kami harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya menjadi lebih baik lagi.


1 komentar:

Ovia wulansari mengatakan...

sangat membantu :) thnks!

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012 Tri Irawanto (Tryto's) | Design : Noyod.Com